Sejarah Busway di Jakarta

Bus way sebenarnya memiliki konsep yang sama dengan Trem Listrik, hanya saja mungkin kita enggan menengok sejarah sendiri, maka puluhan tahun kemudian, lahirlah busway yang seolah barang baru dalam transportasi Indonesia.

TransJakarta, yang menjadi bagian dari sistem transportasi Bus Cepat atau Bus Rapid Transit di Jakarta, dimana ide pembangunan moda transportasi ini muncul tahun 2001 dengan mengadopsi sistem TransMilenio yang sukses di Bogota, Kolombia.

Tanggal 15 Januari 2004 adalah hari bersejarah bagi Busway, karena saat itulah pertama kali busway dioperasikan, pada Koridor I yang melayani Blok M - Kota menjadi satu-satunya area yang dilayani Busway saat itu.

Dengan berkesinambungan, pembenahan dari layanan ini, membuahkan penambahan Koridor dan Halte dan bisa melayani warga Jakarta selama 24 jam. Dari penambahan Koridor dan Halte tersebut hingga menambah panjangnya trayek dari Busway,  hingga sistem transportasi umum ini ditenggarai memiliki jalur lintasan terpanjang di dunia (208 km).

Foto : Istimewa

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More